top of page
  • Writer's picture93.4 UMM FM

Tips Mengatasi Mata Lelah Akibat Menatap Layar Gadget Terlalu Lama

Merasa pusing setelah memandang layar dengan lama? Kamu Sebagai siswa/mahasiswa dengan tugas yang luar biasa banyak, duduk dan memandang ke layar komputer untuk waktu yang lama apalagi di era serba online ini bukanlah suatu hal yang bisa dihindari. Namun, tahukah kamu kalau aktivitas tersebut dapat menyebabkan mata lelah?

Masalah yang muncul pada mata akibat penggunaan komputer atau gadget dikenal dengan istilah computer vision syndrome (CVS). Kondisi ini merujuk pada serangkaian gejala mata lelah yang terjadi akibat kebiasaan menatap layar komputer dalam waktu lama. Nah, Kawan Muda, coba deh lakukan 6 tips berikut untuk mengatasi mata lelah akibat menatap layar gadget yang terlalu lama.

Tips mengatasi mata yang lelah akibat terlalu lama menatap layar HP/laptop

1. Menutup Mata Dengan Telapak Tangan


Menutup mata kamu dengan telapak tangan adalah cara yang bagus untuk mengendurkan otot-otot di sekitar mata Kamu sehingga bisa menghilangkan stres dan kelelahan. Waktu terbaik untuk melakukan ini adalah setiap 90 menit saat kamu sedang menatap layar komputer.

Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut ini:

- Tutup mata kamu,

- Dengan kedua telapak tangan berada di mata dan jari-jari berada di dahi, tekan dengan lembut mata kamu,

- Lakukan ini sampai matamu rileks kembali.


2. Gunakan Cahaya Secukupnya


Mata tegang atau lelah biasanya juga disebabkan oleh cahaya yang sangat terang dari sinar matahari yang masuk dari jendela atau lampu dalam ruangan yang sangat terang. Selain itu, cahaya dari gadget atau laptop kamu juga harus disesuaikan, jangan terlalu terang dan jangan terlalu gelap. Dengan mengatur pencahayaan baik dari ruangan, gadget, dan sinar matahari maka akan sangat membantu mata kamu untuk tidak terpapar cahaya secara berlebihan yang nantinya akan membuat mata tegang dan lelah.


3. Mengedip Lebih Sering


Salah satu penyebab mata lelah adalah karena kurang berkedip. Mengedip sangatlah penting ketika kamu bekerja di depan komputer. Berkedip akan melembapkan mata dan mencegah mata kering atau iritasi.


4. Latih Mata Kamu


Istirahatkan mata di antara jam kerja, dan latihlah mata agar kembali segar. Untuk mengurangi kelelahan pada mata akibat terus-menerus fokus pada layar, alihkan pandangan dari layar selama setidaknya 20 menit. Cobalah juga melihat ke objek yang berada jauh dari kamu (setidaknya 6 meter) selama sekurangnya 20 detik. Latihan lain adalah untuk melihat objek yang jauh selama 10-15 detik, lalu lihat sesuatu yang ada di dekat kamu. Lalu lihat kembali objek yang jauh. Lakukan hal ini sampai 10 kali.

5. Mengatur Lokasi Layar Komputer dan Duduk


Untuk mencegah dan menghindari gangguan pada mata, cara yang optimal dalam membuat stamina kedua bolah mata agar tidak mudah lelah adalah dengan meletakkan layar komputer kamu 15 atau 20 derajat di bawah pandangan mata (sekitar 4-5 inci). Jaraknya berkisar antara 20-28 inci dari mata ke layar komputer kamu. Atur posisi duduk (90 derajat) dan posisi keyboard (100 derajat) dengan siku kamu.


6. Membuat Masker Mata


Berolahraga adalah cara sempurna untuk menenangkan matamu. Selain itu, kamu bisa merilekskan mata dengan memberinya masker. Cobalah masker untuk matamu. Persiapkan ketiga bahan ini:

- 1 sendok makan wortel parut

- 1 putih telur

- 1 sendok teh lidah buaya

Campur semua bahan dalam mangkuk, oleskan campuran di sekitar dan di bawah mata kamu dan biarkan masker selama 15-30 menit. Bilas masker dengan air.


Selain tips di atas, tentu masih ada hal lain yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan mata kamu dan agar mata kamu tidak mudah kelelahan. Salah satunya yaitu mengurangi aktivitas menatap layar itu sendiri. Jika kamu merasa lelah karena terlalu lama duduk, tidak ada salahnya untuk bangun sejenak dan berjalan sekadar kembali menyegarkan tubuh dan pikiran.

Penulis : Frida

Editor : Nia

17 views0 comments
bottom of page