top of page
  • Writer's picture93.4 UMM FM

Pengen Punya Banyak Teman, Tapi Kamu Tipe Introvert? Yuk Simak 5 Tips Berikut!

Updated: Oct 31, 2021

Seorang pemilik kepribadian introvert biasanya akan tetap merasa nyaman meski selalu sendirian. Namun, ada kalanya kamu akan membutuhkan teman untuk berbagi dan berdiskusi. Menjadi pribadi yang introvert memiliki beberapa masalah terutama dalam lingkungan baru. Seperti menjalin koneksi dan menambah teman baru bukan hal yang mudah. Eitss, tapi jangan sedih Kawan Muda, karena ada beberapa cara mudah yang bisa diikuti oleh para introvert supaya sukses memiliki teman baru dan memperluas koneksi. Berikut 5 cara berkenalan untuk kamu yang introvert agar mudah mendapat banyak teman ala mimin.


  • Ubah Mindset



Daripada berpikir "Apa yang harus aku katakan pada mereka?", lebih baik kamu berpikir "Bagaimana aku membuat orang yang ada di sekitar ku merasa nyaman." Selalu tersenyum merupakan cara paling sederhana dan gak membutuhkan banyak effort. Kamu cukup pasang senyum ramah pada semua orang. Bahkan, dengan tersenyum mereka juga jadi tahu bahwa kamu itu ramah dan tidak sombong.

  • Jadilah Diri Sendiri



Jangan malu untuk menunjukkan diri kamu yang sebenarnya, ya Kawan Muda. Kamu itu unik, dan setiap orang punya keunikannya masing-masing, so, gaboleh berubah jadi orang lain hanya dengan tujuan agar disukai yaa!. Sapalah orang yang kamu temui pagi ini, atau teman satu kosan yang tak sengaja bertemu di jalan. Malu? Wajar kok Kawan Muda tapi cobalah sapa mereka, mulai dari senyum tipis lebih dulu. Yakin saja, langkah sederhana ini bisa membuatmu jadi lebih terbuka terhadap orang lain.


  • Fokus untuk Mendalami Hobi dan Minat



Meskipun beberapa orang mungkin mendorongmu untuk keluar dari zona nyaman yang dimaksudkan untuk memperluas wawasan, namun kamu tidak selalu perlu mencari minat baru untuk menemukan teman baru. Mencari orang dengan minat yang sama dalam hobi, aktivitas, atau aliran pemikiran dapat menjadi kunci untuk menciptakan ikatan pertemanan yang solid lho Kawan Muda


  • Sosialisasi



Meskipun lebih baik fokus pada kualitas daripada kuantitas, bukan berarti kamu harus menutup diri dari pertemanan baru, ya Kawan Muda. Bagaimanapun, manusia adalah makhluk sosial yang butuh bersosialisasi. Kamu dapat bersosialisasi dengan orang-orang lama maupun baru di hidup kamu. Teman untuk memenuhi kebutuhan sosial dan emosional itu penting, lho. Jadi jangan ragu untuk bersosialisasi dan terlibat dengan kegiatan-kegiatan kecil di sekitarmu yaa.


  • Memahami Kekurangan itu Pasti Ada



Saat hubungan dengan teman baru sudah mulai terjalin, sudah mulai mengenal dan mengerti satu sama lain. Kamu akan menemukan hal-hal yang mungkin tidak sepaham dan sepemikiran denganmu, namun itu adalah hal yang biasa dan wajar terjadi. Mencoba memahami kekurangan teman dan mencoba menerimanya, membuat pertemanan kamu menjadi lebih berkesan.


Menjadi pribadi yang introvert bukan berarti kamu tidak bisa memiliki teman. Introvert tidak seharusnya menjadi batasan kamu untuk bersosialisasi dengan orang lain. Bagaimanapun juga, teman merupakan unsur penting dalam hidup. Menjalin relasi meskipun sekadar pertemanan itu penting, maka jangan diabaikan, ya Kawan Muda. Semangatt jalin pertemanan yaa buat kamu yang Introvert!


Sumber Gambar : Pinterest

Penulis : Frida Sakinah Adrias

Editor : Ika Sulistyorini


9 views0 comments
bottom of page