top of page
  • Writer's picture93.4 UMM FM

Sering Bikin Kesal? Begini Cara Menyikapi Teman yang Egois

Setiap lingkungan pertemanan, tidak jarang kamu bakal menemukan teman yang kadang tidak sesuai dengan keinginanmu seperti teman yang pengertian, mau mengalah, selalu membantu, baik, dll. Akan tetapi kembali lagi bahwa setiap orang memiliki karakteristik yang berbeda-beda, oleh sebab itu di dalam dunia pertemanan seringkali kamu akan berhadapan dengan teman yang egois, ingin menang senidiri, tidak bisa bersikap kooperatif, dan karakter semacamnya. Nah, dari pada bingung, berikut ada tips buat kamu untuk menghadapi dan manyikapi teman yang egois.


source : pinterest. Tips menyikapi teman egois

1. Sampaikan Keluh Kesah Baik-baik

Pasti nggak enak, kan, terus memendam rasa kesal karena perilakunya yang egois? Kalau begitu, coba saja sampaikan perasaan kamu yang sebenarnya. Katakan kalau kamu sebenarnya tidak enak hati diperlakukan seperti itu. Tapi ingat, katakan secara langsung, tidak usah pakai sindir-menyindir dulu. Jangan pula dengan nada tinggi. Ajak saja ngobrol biasa dan santai. Ini bisa juga menjadi bahan refleksi dia untuk bersikap lebih baik lagi.


2. Dengarkan, tapi Abaikan

Orang yang egois, biasanya ingin memaksakan kehendaknya pada orang-orang sekitar, termasuk kamu. Ia senang sekali memberi saran, tapi sering kali menyakitkan hati. Untuk menghadapinya, kamu dengarkan saja dia bicara. Tapi jangan dimasukkan sampai ke hati. Setelah didengarkan, kemudian abaikan saja. Kalau sarannya itu baik, ambil. Tapi jika seringnya kamu diberi saran yang merendahkan kamu, buang!


3. Menerima dan Memahami Kekurangannya

Egois memang salah, tapi ada kalanya orang tertentu tak bisa lepas dari perangai tersebut. Bisa jadi, disebabkan ada luka masa lalu yang membentuknya jadi seperti itu. Terima saja bahwa itu memang kekurangannya. Kalau ini sudah kamu tanamkan, kamu jadi lebih mudah memaafkan dan memahami perilakunya yang egois. Cobalah untuk ingat juga yang baik-baik tentangnya. Ingat bahwa semua orang punya kelebihan dan kekurangan.


Nah, itu tadi beberapa langkah untuk menghadapi teman yang egois. Dengan melakukan hal-hal tersebut, bukan nggak mungkin teman kamu nantinya akan sadar dan nggak akan melakukan hal-hal yang egois lagi. Jangan lupa juga untuk memaafkannya karena itu adalah sikap terbaik. Teman yang egois memang salah dan menjengkelkan tetapi bukan berarti mereka harus dijauhi dan dibenci. Kira-kira kamu punya tips lain ga nih untuk mengatasi teman yang egois, Kawan Muda?


Penulis : Frida

Editor : Nia

13 views0 comments
bottom of page