top of page
  • Writer's picture93.4 UMM FM

Tips Cegah Sariawan Saat Berpuasa.



Hai kawan muda! Gak kerasa kita udah masuk bulan suci ramadhan. Semoga puasanya dilancarkan sampai akhir dan semoga wabah virus korona ini segera berakhir juga, aamiin.

Biasanya kawan muda, kalau puasa begini pasti mulut jadi kering, karena memang kita gak boleh makan minum dari selesai sahur, sampai waktu berbuka. Nah, mulut yang kering karena kurangnya minum juga dapat loh nimbulin sariawan. Kalau timbul si kecil yang satu itu, pasti makan jadi gak selera, karena mulut rasanya perih. Makanya aku mau kasih tips buat kawan muda yang mungkin juga sama, nih, kayak aku sering sariawan, apalagi pas puasa kayak sekarang.

1. Menjaga Kebersihan Mulut. Kebersihan mulut hal yang paling mendasar untuk mencegah sariawan. Pastiin kita udah gosok gigi minimal 2x sehari. Emm..tapi kalau udah dilakuin masih bisa timbul sariawan, mungkin bisa dari faktor yang lain, karena faktor timbulnya sariawan ini beragam banget. Makanya simak terus ya sampai selesai. 2. Rutin Konsumsi Buah dan Sayuran. Nah kalau kamu masih sering sariawan padahal udah rajin menjaga kebersihan mulut dan gigi, mungkin pola makan bisa jadi penyebabnya. Mulai sekarang, coba untuk rutin konsumsi sayuran dan buah-buahan yang tinggi kandungan vitamin B12, seng, folat, dan zat besi untuk mencegah timbulnya sariawan. Zat-zat gizi tersebut bisa kamu dapetin di jeruk, asparagus, tomat, sayuran berdaun hijau, dan air kelapa, adalah contoh buah dan sayuran yang kaya vitamin dan ampuh mencegah sariawan. 3. Kurangi Makan Makanan Pedas dan Asam Makanan pedas memang bikin nagih dan bisa nambah nafsu makan. Tapi, di balik kenikmatannya, keseringan makan makanan pedas bisa nimbulin gangguan pencernaan, sakit tenggorokan, sampai timbulnya sariawan loh. Selain makanan pedas, makanan asam juga dapat mengiritasi mulut. Jadi, pastiin untuk jangan terlalu sering makan makanan pedas dan asam, kalau kawan muda gak mau kena sariawan. 4. Jangan Makan Terburu-buru Makan dengan sangat cepat atau terburu-buru juga bisa ngebuat lidah atau bagian dalam mulut tergigit, jadinya muncul deh sariawan. Makanya, usahakan kunyah makanan secara perlahan. 5. Perbanyak Minum Air Putih Banyak minum air putih dapat mempertahankan suhu tubuh normal, membuat tubuh tetap terhidrasi dan mencegah mulut jadi kering, yang dapat menyebabkan timbulnya sariawan. Hindari minuman berkafein yang berpotensi ngebuat mulut kering ya. Walaupun lagi puasa, tapi tetep yaa porsi minumnya seharinya 2 liter air, jangan sampai kurang. Itu dia tadi beberapa tips yang bisa dilakuin untuk mencegah sariawan. Ternyata banyak banget ya hal-hal yang bisa menyebabkan timbulnya si kecil yang ngebuat perih di mulut. Semoga tips di atas dapat bermanfaat ya, biar sariawan gak muncul-muncul lagi yaa! Penulis: Aulia Sumber gambar: hellosehat.com Referensi: halodoc.com

17 views0 comments
bottom of page