top of page
  • Writer's picture93.4 UMM FM

Tidak Kunjung Hilang, Covid Kini Punya Varian Baru Lagi


Sumber: Suara.com. Ilustrasi Virus Corona.


Seperti yang kita tahu bahwa Covid-19 sudah beberapa kali bermutasi dan membuat masyarakat semakin cemas. Nah, sekarang ada varian baru lagi Kawan Muda, namanya Varian Mu. Varian ini pertama kali muncul di Kolombia pada Januari 2021 dan diduga mudah lolos dari kekebalan yang dibangun oleh vaksin Covid-19 dan para ahli mengatakan bahwa masuknya varian Mu ke Indonesia hanya tinggal menunggu waktu. Varian ini juga dinilai tidak lebih mematikan daripada varian delta yang saat ini tengah membuat lonjakan Covid di beberapa negara.


Peneliti dari Italia mengatakan bahwa varian ini rentan terhadap antibodi yang berasal dari vaksin Pfizer-BioNTech namun peneliti lain dari Inggris justru mengatakan bahwa mutasi spesifik bisa membantu varian Mu ini untuk lolos dari sistem kekebalan. Semua jenis virus, termasuk flu yang sudah menjadi penyakit yang biasa diidap oleh masyarakat pun bermutasi dari waktu ke waktu. Karena itu, para ahli menganjurkan untuk masyarakat melakukan suntik vaksin setiap tahun untuk menangani versi virus yang lebih baru, dan perlu dipahami juga Kawan Muda, bahwa mutasi virus Corona itu sangat normal terjadi, sehingga sudah bisa dipastikan bahwa kedepannya akan muncul varian lainnya.


Jadi informasi mengenai varian terbaru ini masih simpang siur, Kawan Muda. Tapi, Kawan Muda nggak perlu takut dan khawatir selama Kawan Muda sudah melaksanakan protokol kesehatan dan sudah mendapatkan vaksin karena pemerintah juga sudah melakukan upaya-upaya agar varian Mu ini tidak sampai masuk ke Indonesia. Jadi meski kasus Covid di Indonesia sudah menunjukkan penurunan yang signifikan, Kawan Muda harus tetap mematuhi protokol kesehatan dan jangan mudah termakan hoax. Intinya tetap tenang dan tetap di rumah ya Kawan Muda.




Penulis: Diva Tsuraya.


12 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page