top of page
  • Writer's picture93.4 UMM FM

Adaptasi by Tulus

Hai Kawan Muda! Nggak kerasa banget udah masuk bulan Juni, artinya hampir 6 bulan kamu ngejalanin hari-hari di tahun 2020. Emang bener ya waktu terasa cepat banget, kalau bisa aku pengen ngeskip tahun ini aja, karena banyak banget hal-hal yang terjadi diluar dugaan kita. Udah ngerencanain jalan-jalan bakal ketunda, udah janjian nonton konser sampai udah beli tiketnya, sayang banget harus batal.


Rasanya nano-nano, mau nggak mau kita harus lewatin ini semua dan mencoba untuk adaptasi sama keadaan. Ngomongin soal adaptasi, ada kejutan yang udah disiapin buat Kawan Muda dari penyanyi kesayangan kita semua siapa lagi kalau bukan Tulus!



Tulus baru aja bikin surprise dengan ngerilis single barunya tanggal 24 Mei 2020 yang bertepatan saat momen Idul Fitri kemarin. Single yang berjudul “Adaptasi” ini menjadi single dengan proses pembuatan paling singkat loh, yaitu 4 hari aja Kawan Muda. Surprisenya lagi, setelah lirik single ini selesai tanggal 21 Mei 2020, proses rekaman, mixing, dan mastering dilakukan selama 12 jam aja.


Dalam lagu ini, Tulus berkolaborasi dengan Petra Sihombing soal aransemen musik, isian gitar elektrik, dan merekam lagu. Mixing dan mastering oleh Ari Renaldi di ARU Studio, Bandung. Ilustrasi sampul dan tata desain grafis “Adaptasi” dikerjakan Gema Semesta.Co. Tampilan sketsa dalam lirik video merupakan goresan dari arsitek ternama di Indonesia yaitu, Andra Matin.


Lewat “Adaptasi”, Tulus ingin mengajak semua orang untuk beradaptasi dengan keadaan saat ini. Proses ini juga diharapkan jadi momentum untuk saling mengenal diri sendiri dan orang terdekat, kebersamaan nilainya sangat tinggi maka patut untuk kita syukuri. Lagu ini juga dipersembahkan untuk menemani kebersamaan kita dengan orang tersayang.


Kawan Muda, udah dengerin lagu ini belum? Udah nonton lirik videonya juga? Kalau belum, lirik video lagu ini sudah bisa Kawan Muda dengerin di YouTube ya. Bisa langsung klik link dibawah ini!


Penulis: Ajeng

14 views0 comments
bottom of page